Sejarah

Lembaga merupakan suatu badan atau organisasi dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama yang menyangkut kemasyarakatan. Salah satu lembaga yang umumnya ada di masyarakat adalah lembagakeagamaan atau yang sering disebut sebagai lembaga dakwah. Lembaga dakwah dibutuhkan dalam ruang lingkup seperti kampus dan suatu daerah demi berjalannya fungsi keagamaan untuk masyarakat di daerah tersebut.Sie Kerohanian Islam PPNS merupakan lembaga dakwah kampus yang diberikan amanah untuk mengembangkan dakwah di kampus dan sekitarnya.

Lembaga ini berfungsi sebagai tempat yang memfasilitasi dakwah islam, pengembangan potensi agama islam, memberikan pelayanan dakwah islam,membentuk karakter islami dan berperan penting demi berkembangnya rohaniah umat muslim/ah PPNS yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kepengurusan lembaga tersebut. SKI PPNS merupakan lembaga yang aktif dan dinamis.

Setiap tahunnya, regenerasi pengurus selalu berjalan dengan perencanaan yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungannya. Perencanaan merupakan komponen penting dalam berjalannya suatu lembaga. Dibutuhkan evaluasi secara menyeluruh mengenai kepengurusan sebelumnya, analisa yang kuat mengenai keadaan dan kebutuhan lingkungan, dan dasaran yang matang demi membuat pondasi yang kuat pada kepengurusan yang akan datang.